Headlines News :
Home » , , » Kisah Sedekah Salah Alamat

Kisah Sedekah Salah Alamat

Written By Gilang al Qarana on Sabtu, 13 Februari 2016 | 15.30

Semua Tentang Islam - Assalamualaikum WrWb, para membaca yang senaniasa dirahmati oleh Allah SWT. Pernahkah diantara kita merasa berat unuk bersedekah karena orang-orang atau tempat disekitar kita tidak ada yang pantas untuk diberi sedekah? Apakah kita pernah berfikir bahwa sedekah kita nantinya tidak akan diridhoi oleh Allah karena diterima oleh orang yang salah? Mungkin sepenggal kisah ini akan menjadi salah satu pelajaran untuk kita semua.

Disebutkan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim, ada seorang yang berniat memberikan sedekah pada suatu malam. Ia pun membawa hartanya untuk diberikan kepada siapa pun yang ditemui. Rupanya, sedekah itu sampai ke tangan pezina. Hingga orang-orang berkata, “Seorang pezina diberi sedekah.” Orang itu pun berdoa, “Ya Allah, segala puji bagi-Mu atas sedekah kepada pezina.” 

Lalu pada malam berikutnya, ia kembali berniat untuk bersedekah lagi. Seperti kemarin, ia mencari penerima sedekah di tengah malam yang gulita. Hingga disampaikanlah sedekahnya kepada seseorang. Sebab niatnya sembunyi-sembunyi, ia tidak tahu siapa yang menerima sedekahnya. Hingga pada pagi harinya beredar perkataan orang-orang, “Tadi malam, ada orang kaya yang diberi sedekah.” Sebab itulah, sang pemberi sedekah kembali panjatkan pinta, “Ya Allah, segala puji bagi-Mu atas sedekah kepada orang kaya.”
Dua kali ‘salah alamat’, lelaki ini berniat untuk sampaikan sedekah yang ketiga. Masih dengan cara yang sama di tengah malam.Maka alangkah terkejutnya dirinya saat mendengar warga mengatakan, “Semalam, ada seorang pencuri yang menerima sedekah.” Dengan kalimat yang sama, lelaki itu kembali berdoa, “Ya Allah, segala puji bagi-Mu atas sedekah kepada seorang pezina, orang kaya, dan pencuri.”
Maka kepada orang itu, sebagaimana riwayat yang dikutip oleh Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya ini, datanglah malaikat yang mengatakan, “Sedekahmu telah diterima.” 

“Adapun bagi pezina,” lanjut malaikat, “semoga ia menjaga diri dari zina. 

Dan semoga orang kaya akan mengambil pelajaran hingga ia mau berinfaq dengan apa yang telah Allah Ta’ala berikan kepadanya.”
Kemudian bagi pencuri, pungkas malaikat menyampaikan, “Semoga ia menjaga diri dari perbuatan mencurinya.”


Segala tindakan yang kita lakukan semuanya merupakan seizin Allah, sebagaimana yang telah dikehendakinya maka tidak mungkin sedekah itu jatuh ke tangan-tangan tersebut jika ia tidak mengizinkannya. Allah maha tahu, dan Allah maha pemberi jalan. Sekecil apapun perbuatan baik yang kita lakukan, sekecil apapun niat baik yang kita lakukan, percayalah mungkin itu merupakan jalan yang telah dibuat Allah untuk suatu manfaat yang besar. Akhirul kalam, Wassalamualaikum WrWb.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsors


making gif
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
This Site Edited by Gilang al Qarana
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Semua Tentang Islam - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template